Sabtu, 18 September 2010

Berenang saat Haid...?? Gak masalah tuuh

Share


Masa menstruasi bulanan wanita bisa saja menjadi penghalang beberapa kegiatan sehari-hari. Tetapi, berenang dan olahraga seharusnya nggak jadi masalah, kerena berenang justru bagus untuk wanita pada saat menstruasi.

Beberapa wanita berpikir bahwa berenang pada saat haid bukanlah pilihan yang bagus. Padahal, berenang adalah latihan yang baik untuk perempuan yang sedang menstruasi, karena air akan mengangkat tubuh dan menghilangkan tekanan pada bagian belakang sehingga dapat meringankan kram.

Nah, kita-kira gimana yah caranya, agar kita (wanita) bisa tetap berenang walau dalam masa haid...?? Tenang sist, dibawah ada beberapa cara untuk berenang pada saat menstruasi:

1. Penggunaan Pembalut
Tempatkan pembalut tepat di selangkangan pakaian renang atau celana dalam kita yang akan digunakan untuk berenang. Pastikan kamu tidak menggunakan pembalut yang memiliki sayap (wing), karena akan terlihat dari luar pakaian renang.

Pembalut yang digunakan tidak akan hancur karena air akan memberi tekanan ke atas, sehingga tetap aman berenang pada saat menstruasi.

Selain itu, pembalut akan membantu menampung darah. Pada saat kamu sedang dalam hari-hari pertama masa menstruasi darah yang keluar masih banyak, usahakan untuk mengganti pembalut sesering mungkin saat berenang. Hal ini karena air akan diserap oleh pembalut, sehingga membuatnya tidak dapat menyerap darah lebih banyak lagi.

Jika masih ragu, kamu bisa mencoba berenang pada saat hari-hari terakhir masa menstruasi, yaitu pada saat darah yang keluar tidak terlalu banyak.

2. Cara menggunakan pakaian renang
Pakailah pakaian renang dengan normal. Sesuaikan ukuran pakaian renang dengan ukuran tubuh kamu, sehingga dapat melingkupi seluruh area selangkangan dan pembalut tidak terlihat dari luar pakaian renang.

Pastikan pembalut aman di dalam pakaian renang, sehingga tidak akan hanyut keluar pada saat kamu berenang.

3. Tempat berenang
Kamu bisa berenang di kolam renang, danau ataupun laut. Kamu akan tetap bisa bergerak bebas dan berenang normal dengan menggunakan pembalut di dalam pakaian renang.

Nah, itulah beberapa tips yang insya Allah bisa bermanfaat buat kamu Sist.

2 comments:

apakah tidak masalah berenang di laut ?
kalau dikolam renang memang justru darah tidah akan keluar karena air mengandung kaporit .
apakah kalau dilaut baik2 saja ?

sepertinya tidak karena pembalut yang digunakan tidak akan hancur, hal ini dikarenakan air akan memberi tekanan ke atas, sehingga tetap aman berenang pada saat menstruasi

Poskan Komentar