Kamis, 17 Februari 2011

Apa saja keistimewaan Sholat..??

Share


Hai teman pasti kalian sudah tau kalau shalat itu istimewa. Bahkan yang paling istimewa diantara semua ibadah menurut aku. Beberapa bukti diantaranya yaitu :

1. Dihisab (Diperhitungkan)
Pada saat hari kiamat tiba hal utama yang akan di pertanggung jawabkan adalah Shalat. Menurut sebuah hadis shahih :

2. Perintah Langsung dari Allah SWT
Perintah Shalat diberikan langsung dari Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW, bahkan tanpa perantara malaikat Jibril. Ini terjadi saat Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW
.

3.Shalat tidak dapat digantikan.
Ini perlu digaris bawahi sebagai sebuah ciri ke-khususan Shalat. Bandingkan dengan ibadah lain.Seperti puasa yang bisa diganti bila berhalangan dengan alasan yang sesuai. Sama dengan ibadah haji, bahkan bisa dipindahkan ke orang lain untuk pelaksanaannya. Tapi hal ini tidak berlaku dalam ibadah Shalat. Shalat zuhur tidak dapat dikerjakan saat subuh dan juga tidak dapat ditunda hingga maghrib. Orang sakitpun wajib shalat bahkan jika hanya matanya saja yang sanggup dilakukan. Qasar dan jamak hanya berlaku dengan alasan khusus dan tidak bagi semua shalat (shalat subuh tidak memiliki jamak maupun qasar)

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS.An-Nisaa’ 103)"

4.Shalat adalah ibadah yang sangat dekat dengan Allah.
Beberapa pakar menyatakan bahwa shalat adalah mi’rajnya orang muslim. Dan ada yang menyatakan bahwa posisi rukuk merupakan posisi terdekat

Perhatikan firman berikut :
"Kecelakaan bagi orang yang shalat. Yaitu orang yang lalai dari shalatnya (QS.Al-Maa’uun : 4 & 5)"

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah : 183)"


Jadi sholat itu adalah tiang agama, semakin kokoh tiang tersebut maka semakin kuat pula pertahanan kita. Maka jangan pernah kita melalaikan Sholat yah teman.



0 comments:

Posting Komentar