Jumat, 24 September 2010

Hal sepele yang ternyata bisa membuat sakit

Share

Kamu pasti pernah dengar ada pesan yang berbunyi bahwa "kuman ada di mana-mana!" . Kuman bisa ada di meja belajar kamu, di baju, di kamar kamu, di HP, bahkan ada di makanan yang kamu makan.. hiii . Memang sejak awal kamu WAJIB untuk lebih waspada dan cermat pada kuman yang selalu mengincar kamu dan membuat kamu sakit

Nah, berikut ini ada beberapa hal sepele, yang terkadang kita anggap remeh. Apa saja yah kira-kira :

1. Malas Mencuci Tangan.

Kalau kamu tidak mau kuman cepat menghampiri kamu, kamu harus rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun. Jika kamu malas mencuci tangan, maka dengan mudah kuman akan hinggap di tubuh kamu. Kebiasaan buruk ini harus kamu tinggalkan. Pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas.

2. Menutup dengan tangan ketika bersin

Well,secara reflek saat kamu bersin kamu pasti langsung menutupnya dengan tangan.Oooh Tidaaak (Gaya teletubies, heheh).ini adalah kebiasaan yang buruk dan berbahaya loh. Ketika bersin, kuman-kuman akan ikut keluar melalui air ludah yang kemudian menempel di tangan kamu. Kemudian kamu kembali dengan santai mengerjakan aktivitas dan tanpa sadar menyebarkan kuman-kuman tersebut.
Biasakan untuk memakai tisu saat kamu bersin. Segera buang tisu tersebut lalu cuci tangan kamu dengan sabun agar kuman tak kembali ke tubuh kamu. Dengan kebiasaan bersih kamu ini,maka kamu akan terhindar dari kuman influenza.

3. Menggosok mata karena gatal.

Terkadang debu membuat mata kita serasa gatal, tapi stop! jangan digosok!

Ambil obat tetes mata atau kompres mata untuk membuat mata kamu kembali segar. Jangan digosok karena hal ini sangat berbahaya bagi mata kamu. Selain dapat mengakibatkan iritasi, banyak kuman juga akan berpindah dari tangan ke mata kamu. So,kamu gak mau dong kalau mata kamu sampai kena kuman.

4. Bermain dengan hewan.

Hewan memang sangat lucu, apalagi hewan itu hewan peliharaan kamu. Kegemaran kamu memeluk dan bermain dengan hewan piaraan memang tak ada salahnya, namun ada satu hal yang kamu lupakan, kamu tidak mencuci tangan setelah seharian bermain dengan mereka.

Hewan piaraan tidak bisa menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya sendiri, untuk itu kamu yang perlu menjaga kebersihan mereka. Dan kamu juga wajib selalu mencuci tangan dengan sabun setelah puas bermain bersama mereka. Banyak kuman dapat menular dari hewan piaraan walaupun hanya sebatas memegang dan membelai bulunya saja.

Nah, itulah beberapa hal sepele, yang bisa menyebabkan kuman dateng ke tubuh kita, dan menghasilkan penyakit. Waspadai kuman sedini mungkin ya teman, dan tetap jaga kesehatan.

0 comments:

Posting Komentar